Latar Belakang Tracer Study

Studi pelacakan alumni (Tracer Study) memiliki peran penting baik secara teoritis maupun praktis, study ini akan menggali informasi terkait dengan kegiatan belajar mengajar di sekolah dan untuk mengetahui masa transisi dari dunia SMA/SMK menuju dunia kerja/Kuliah serta untuk menganalisis tingkat kompetensi yang di peroleh saat sekolah dan aplikasinya dalam dunia kuliah/kerja.

Tracer study sangat bermanfaat untuk sekolah terutama sebagai bahan masukan untuk penyempurnaan kurikulum yang sudah ada, pengembangaan materi pelajaran dan keterampilan yang di sesuaikan dengan kebutuhan dunia kampus dan kerja, dan sebagai data untuk akreditasi sekolah yang di selenggarakan oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-SM).

Tracer study Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi di selenggarakan setiap 1 tahun sekali dan hanya untuk lulusan jenjang SMA dan SMK, kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui :

  1. Outcome pendidikan dalam bentuk transisi dari dunia sekolah ke dunia kampus/kerja (termasuk masa tunggu kuliah/kerja dan proses pencarian kerja pertama), situasi kuliah/kerja terakhir, dan aplikasi kompetensi di dunia kuliah/kerja.
  2. Output pendidikan yaitu penilaian diri terhadap penguasaan dan pemerolehan kompetensi.
  3. Proses pendidikan berupa evaluasi proses pembelajaran dan kontribusi sekolah terhadap pemerolehan kompetensi.

 

Kuesioner Tracer Study

  1. Klik disini jika anda lulusan SMA Cinta Kasih Tzu Chi
  2. Klik disini jika anda lulusan SMK Cinta Kasih Tzu Chi